Sabtu, 11 Oktober 2014

Mobil Bertenaga Angin
















Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi yang dipakai pun semakin beraneka ragam. Banyak penemuan akhir-akhir ini yang menggunakan teknologi unik. Salah satunya yaitu mobil tenaga angin.

Dewasa ini sedang gencar-gencarnya penggunaan teknologi ramah lingkungan. Mobil hybrid yang pernah dibuat sebelumnya, diklaim lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Namun, sebenarnya teknologi tersebut tidaklah seefisien yang diharapkan.

Mobil hybrid yang ada sekarang masih menggunakan mesin konvensional yang berbahan bakar utama minyak, dan tentunya menghasilkan gas buang. Sedangkan mobil yang dikembangkan sebuah perusahaan di New York ini benar-benar bebas emisi.

Mobil ini sedang dikembangkan oleh mantan Insinyur F1 dan didukung oleh produsen kendaraan Tata Motors.

Mobil ini bergerak dengan memanfaat propulsi udara yang dimampatkan. Udara bertekanan ini berasal dari mesin kompresor yang disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon. Tangki didesain menyatu dengan chasis. Untuk mengisi penuh tangki udara itu hanya dibutuhkan waktu kurang dari tiga menit. Lebih cepat dibandingkan dengan mengisi batteray mobil meski lewat quick charge sekali pun. Volume penuh udara tangki mampu menjalankan kendaraan hingga empat jam.

Mobil angin ini didesain supanya nyaman dipakai. Body mobil ini berbahan dasar fiberglass, sehingga berat kosongnya hanya 350 Kg. Biaya pembuatan pun terpangkas menjadi sekitar 2.500 Poundsterling atau sekitar 50 Juta Rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar