Minggu, 10 Agustus 2014

PPSMB 2014

Semangat Pagi!


            Salam sejahtera bagi kita semua. Sebelumnya perkenalkan, saya Rama, asli dari Solo. Alhamdulilah tahun ini diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada, jurusan Teknik Mesin. Di sini, saya ingin menjelaskan, apa sih PPSMB? Apa pentingnya? Dan apa pengaruhnya bagi kita? Yuk cekidot..
Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas negeri tertua dan terbesar di Indonesia memiliki 18 Fakultas dan 2 Sekolah (Pascasarjana dan Vokasi). UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas Pancasila, dan universitas pusat kebudayaan, dan memiliki ciri khas dan karakter, serta mengemban tugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan daya saing sumberdaya manusianya dalam menghadapi persaingan global. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, serta mampu bersaing dalam percaturan global maka diperlukan Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).
Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) merupakan kegiatan tahunan Universitas Gadjah Mada yang dilakukan untuk menyambut dan melatih mahasiswa-mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun. Pada tahun ini (2014) kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18-24 Agustus 2014.
Kegiatan ini mempunyai fungsi penting antara lain:

1.    Melatih Kemandirian

Sebagai seorang mahasiswa sudah pasti dituntut untuk mandiri dalam berbagai hal. Misalnya kita yang hidup dalam kos / kontrak, pastinya jauh pengawasan dari orang tua. Sehingga kita harus dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Begitu pula dalam pembelajaran kuliah. Seorang dosen tentunya tidak akan mengawasi mahasiswa secara penuh. Untuk itu kita harus belajar mandiri dan dapat belajar walaupun tidak diawasi oleh dosen. Nah, untuk itulah PPSMB melatih kita supaya mandiri.

2.    Melatih Kerja Keras

Kalian pastinya pernah bermain game, kan? Apalagi yang laki-laki, tentunya pernah bermain game RPG atau Arcade, semacam Elder Scroll, Kingdom of Amalur, kan? Dalam game-game tersebut semakin lama, musuh semakin kuat. It’s okay. Tidak apa-apa, itu artinya kita menghadapi Stage yang lebih tinggi. Untuk itu, agar bisa mengimbangi, maka kita harus segera melakukan leveling up. Dan tentunya untuk level up dengan cepat, kita harus kerja keras, mondar-mandir segera menyelesaikan mission. Begitu pula dengan hidup ini. Semakin tinggi tingkatan hidup kita, semakin tinggi susah pula tantangan yang dihadapi. Untuk itu segeralah selesaikan tugas-tugas mu dan beranjak ke tugas yang lain supaya kita segera Level Up !!

3.    Kerja cepat, tepat, dan kreatif

Nah, masih menyambung ke game. Ambil saja contohnya Kingdom of Amalur. Dalam game ini, terdapat berbagai musuh, misi, dan elemen lawan. Jika kita ingin segera mendapat xp dan segera naik level, maka kita harus cepat menyelesaikan misi. Dan tiap misi, pasti ada musuh yang spesifik yang tentunya semakin kuat maka xp semakin banyak. Dan tiap musuh memiliki karakteristik dan kelemahan yang berbeda. Begitu pula hidup kita. Masalah itu ada dimana-mana, maka jangan dihindari, hadapi saja supaya kita lebih berpengalaman. Dan setiap masalah pasti ada solusinya. Maka kita harus mencari solusi yang tepat dan juga kreatif.
Dengan adanya tugas-tugas PPSMB, hal ini sebenarnya memacu kita agar kita dapat menghadapi suasana kuliah yang begitu berwarna-warni. Jadi, jangan anggap PPSMB menjadi beban hidup, ini adalah sebuah training skill untuk kita agar kita menjadi orang yang ahli. Semoga bermanfaat. Sukses untuk kita! Amin.

4 komentar:

  1. “Jika waktu terus berjalan, maka aku harus terus berlari"
    ni baru awal perjuangan...Fighting !!!

    BalasHapus
  2. Iya mbak, makasih. "dan tinggalkanlah bebanmu supaya larimu lebih kencang!"

    BalasHapus
  3. "bukan tanpa alasan kita dilahirkan di negeri ini, tapi kiita diberi kekuatan untuk mengubahnya menjadi lebih baik" (ahmad ataka)

    selamat berkarya dan menebar manfaat :)

    BalasHapus